Friday, March 4, 2011

Ikan Terganas dengan Tampang Menyeramkan

Ketika ada yang bertanya ikan apa yang terganas? Maka sebagian besar akan menjawab ikan hiu. Sobat tidak salah, ikan hiu memang jadi ikon makhluk air yang ganas dan berbahaya tidak hanya bagi mamalia lainnya juga bagi manusia. Tapi sesungguhnya di dalam laut dan perairan yang lainnya masih banyak ikan yang tidak hanya ganas dan berbahaya tapi juga memiliki tampang yang buruk dan menakutkan.

Yuk kita intip…

1. Ikan Piranha

Walaupun ikan ini banyak dimunculkan di film-film horror buatan manusia, namun sesungguhnya di dunia nyata ikan ini memang ganas dan menakutkan. Barisan gigi-gigi tajamnya tersusun rapat dan tersambung satu sama lainnya. Gigi-gigi itu didesain sempurna untuk menusuk dan mencabik-cabik daging dengan cepat dimana ikan ini tergolong memiliki nafsu makan yang rakus. Jika sedang lapar dan tidak ada pilihan lain ikan ini juga agresif terhadap jenisnya sendiri dan melakukan kanibalisme.

Ikan piranha memiliki nama latin Pygocentrus nattereri. Berasal dari daerah lembah sungai Amazon, dan menyebar hingga sungai bagian timur laut Brasil, dan lembah sungai Paraguai, Paranai dan Essequibo. Piranha merupakan tipe hewan berkoloni. Ikan piranha dapat mencapai ukuran 33 cm dengan berat 3,5 kg.
Meski piranha berburu mangsa dengan kejam dan sangat teroganisir, pada saat defence tertentu ikan ini juga memakan tumbuhan seperti rumput. Penelitian juga menyatakan perilaku ikan ini yang membentuk sebuah kelompok besar sebagai pertahanannya terhadap predator seperti buaya dan lumba-lumba sungai sekaligus sebuah strategi untuk memangsanya. Meskipun cuma ikan – sobat mungkin lebih memandangnya lebih cocok menjadi santapan dinner daripada sebaliknya – sobat tidak akan sungguh-sungguh nyemplung di perairan Amazon dengan kaki telanjang untuk mengundang para pencabik daging itu. Sobat mungkin biasa memberi makanan pada binatang, tapi yang satu ini akan menyerbu dan mencabik-cabik tanpa menunggu undangan kedua. Waduuhh...



2. Anglerfish

Tidak ada ikan lain yang seseram ikan ini, berkeliaran di kedalaman laut, Anglerfish. Bersembunyi jauh di kedalaman lautan, ikan ini dinamakan demikian (anglerfish=ikan pemancing) karena caranya menangkap mangsa yang unik dengan menggunakan bagian tubuhnya yang menonjol keluar dari kepalanya yang mirip dengan kail pancing yang ajaibnya mampu mengeluarkan cahaya bioluminescent yang berasal dari jutaaan bakteri bercahaya yang menempel di situ. Hal ini cukup menarik mangsanya untuk mendekat dan begitu menyentuh “umpan” ini, Anglefish akan langsung bereaksi cepat melahapnya.



Mulutnya yang besar siap menerkam dan rahangnya yang bergigi panjang dan mengarah ke dalam membuatnya mudah memasukkan mangsa ke perut sekaligus menutup jalan keluar dari mulutnya. Predator mirip mesin ini mampu membesarkan rahang dan perutnya sehingga mangsa yang lebih besar dari dirinya bisa masuk ke dalamnya. Panjang ikan ini bisa mencapai 2 ft. Hantu lautan ini dapat ditemukan di kedalaman 3.300 hingga 6.600 ft di bawah lautan.

Anglefish dengan perut di mulutnya


3. Moray Eel (Belut Moray)

Sejenis belut ini bisa ditemukan di seluruh dunia menyelinap di celah-celah atau retakan karang – dimana dia menunggu mangsanya lewat dan menyergapnya dengan rahangnya yang kuat. Karnivora menakutkan ini adalah pemakan hewan-hewan laut meskipun bisa juga mengakibatkan luka pada manusia yang terlalu dekat dengannya. Kelihatannya belut yang bisa mencapai panjang 13 ft ini lebih suka menghindar daripada menyerang dan hanya menyerang manusia untuk mempertahankan dirinya atau menggigit tangan secara tidak sengaja karena dikira makanannya. Ketika merasa diganggu, makhluk ini menjadi ganas; dan bakteri yang terdapat pada gigi-giginya bisa menyebabkan luka yang serius. Pada beberapa spesiesnya, lendir di kulitnya juga mengandung racun.

Ciri khas Moray lainnya adalah adanya rahang kedua di kerongkongannya yang juga punya gigi. Saat berburu mangsa dan menangkapnya, ikan ini akan mengeluarkan rahangnya ini di mulutnya, melumat mangsanya dan menariknya ke dalam pencernaannya.



4. Tigerfish (Ikan Macan)

Memang sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki gigi-gigi yang sempurna di mulutnya. Ikan ini memang ganas dan dikenal sebagai predator yang rakus dan jenis dewasanya bisa mencapai panjang 6 ft.

Tubuhnya memang seperti diciptakan untuk speed dan power. Seperti kendaraan lapis baja dengan sirip yang kuat dan selalu siap menerkam meski mulutnya tertutup. Ikan ini bahkan sering dijadikan permainan (game) mencari ikan dengan hadiah yang besar. Ikan ini dapat ditemukan di perairan air tawar Afrika. Ikan apa saja yang lewat di jalannya akan diterkam melalui rahangnya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam mirip piranha. Ikan ini juga diketahui mampu memangsa ikan lain yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Para pencari ikan juga mewaspadai jenis Goliath Tigerfish yang oleh National Geographic digambarkan sebagai “evolution on steroids”.




5. Snakehead Fish (Ikan Kepala Ular)

Ikan yang bisa sepanjang 3 ft ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, sebagian India dan Afrika. Dari yang pernah ditemukan ikan ini mempunyai mulut yang besar dan gigi-gigi yang tajam dan siap memangsa apa saja yang ada di depannya, ikan, burung, katak, atau mamalia lainnya. Pernah juga dilaporkan ikan ini juga menyerang manusia yang berada terlalu dekat dengan anak-anaknya.

Ikan Snakehead konon sudah ada sejak 50 juta tahun yang lalu. Ikan ini juga menjadi bukti adanya adaptasi evolusioner dalam kehidupan; menggunakan sebuah paru-paru dan bernapas dengan udara di atmosfir. Ikan jelek ini sanggup bertahan hidup di tanah basah selama musim yang panjang, merangkak ke kolam atau danau berikutnya untuk mencari mangsa dengan menggunakan tubuh dan siripnya.



6. Viperfish

Salah satu ikan predator ganas lainnya adalah Viperfish. Seperti Anglerfish, Viperfish juga hidup di kedalaman lautan. Pada malam hari, makhluk mengerikan ini akan berenang menuju laut yang lebih dangkal, sekitar kurang dari 700 ft, dimana di situ terdapat lebih banyak makanan. Pacific Viperfish bahkan bisa tumbuh hingga mencapai panjang 2 m. Si muka seram yang panjangnya bisa mencapai 6 ft ini juga mempunyai gigi-gigi yang sangat tidak bersahabat dengan mangsanya.






7. Fangtooth Fish (Ikan Bertaring)

Ikan bertampang kejam ini termasuk salah satu makhluk yang hidup di kedalaman laut yang paling dalam hingga pada kedalaman 5 km di bawah permukaan laut. Wajahnya dihiasi gigi mirip taring yang oversized dan rahang yang kokoh. Gigi taring bawahnya yang paling besar demikian panjang hingga ikan ini punya sepasang soket di kedua sisi otak kecilnya untuk tempat slotnya saat mulutnya tertutup. Ikan ini juga diperkirakan memiliki gigi relatif paling besar di lautan untuk ikan seukurannya, dan digunakan untuk mengunyah makanannya, bahkan yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Meski tampang ikan ini menakutkan, tetapi masih terlalu kecil untuk bisa melukai manusia.



8. Dragonfish

Cerita horor laut-dalam masih berlanjut, dan ikan Dragonfish cukup dikenal karena mulutnya yang oversized dan gigi mirip taringnya yang menakutkan. Kepalanya saja semuanya seperti hanya diisi dengan rahang dan mata. dan mengeluarkan cahaya yang indah untuk menarik calon mangsanya, mirip seperti kail pancing Anglerfish. Meski sedikit indah karena cahaya indahnya itu tetap saja ikan ini tergolong predator buas yang menakutkan dan seharusnya dihindari.













 


9. Gulper Eel (Belut Gulper)

Dengan mulut yang lebih besar dari tubuhnya, makhluk aneh dan mengerikan ini juga dinamakan Belut Pelican, dan rahang besarnya yang menjulur ke bawah itu menjelaskan kenapa dinamai demikian. Mulutnya yang lentur dapat dibuka lebar-lebar untuk melahap mangsa yang lebih besar dari dirinya. Pencernaannya bisa meregang sehingga bisa menampung mangsa yang besar. Tapi meskipun rahang Guler ini besar, ukuran giginya relatif kecil. Monster ini menghuni lautan di kedalaman hingga ribuan kaki. Panjangnya bisa mencapai 6 ft.

27 comments:

kakara on March 4, 2011 at 1:41 PM said...

Ikannya serem-serem dan mengerikan, takut banget kalau ketemu mereka. :)

Ajeng Sari Rahayu on March 4, 2011 at 1:48 PM said...

hiiiyy, ngeri amat ikan2 di atas...

☺☺☺ on March 4, 2011 at 1:57 PM said...

ya ampun jelek-jelek banget bentuk ikannya. ganas pulaa hiii apalagi anglerfish >,<

Noor's blog (inside of me ) on March 4, 2011 at 3:27 PM said...

Wah...saya cuma kenal piranha, yang lain saya belum kenalan...hehe. piranha memang kecil2 cabe rawit, ganas tapi sukanya maen keroyokan...hehe

Djangan Pakies on March 4, 2011 at 6:30 PM said...

ini pasti ikan-ikan di dasar kegelapan laut ya Mbak, abis potongannya serem

Lozz Akbar on March 5, 2011 at 12:47 AM said...

kayaknya lele enggak masuk hitungan ya...

narti on March 5, 2011 at 11:44 PM said...

ikan yang ganas, berbahaya, memiliki tampang yang buruk dan menakutkan, lengkap sudah...
takut lihatnya

r10 on March 6, 2011 at 6:34 AM said...

jangan dipelihara di akuarium rumah yah :p

assyafieq on March 6, 2011 at 9:02 AM said...

berkunjung sambil liat ikan terganas...kira kira bisa di makan ga sob...wkwkwkwk

phipien on March 6, 2011 at 11:41 PM said...

ikan terganas banyak juga yaah, tampangnya seram2 hhiyy..yang aku tahu sih cuman ikan firanha aja sob. apakah mungkin ikan ini termasuk ikan ikan purba..!!?

kira on March 7, 2011 at 4:42 PM said...

ikan serem2 gitu kalo dijadiin ikan hias keren juga kayaknya...

Elsa on March 7, 2011 at 7:00 PM said...

ngerinya lihat ikan ikan itu
aku kira cuma piranha saja yang paling mengerikan
ternyata banyak yaaa

Baby Dija on March 7, 2011 at 7:01 PM said...

wah Dija gak mau pelihara ikan ikan itu

wits on March 7, 2011 at 9:31 PM said...

sereeeem

menakutkan begitu mbk gambarnya..

Ladida on March 9, 2011 at 5:22 PM said...

paling suka belut gulper , kyk Fury Night di film How to Train Your Dragon, kalo yg lain mngingatkan saya di film Predator , . nice kawan !!

Reza Saputra on March 10, 2011 at 8:35 AM said...

ikan lele mana kok gak masuk nominasi?

Agung A. Kusuma on March 19, 2011 at 8:03 AM said...

gila serem, liat aja giginya tajam2 amat..

Akoey on March 22, 2011 at 7:04 AM said...

wah bener2 menyeramkan yah, aku takut deh klo ketemu...
tapi itu semua ciptaan Tuhan.
mksh udh share..

mundo_idiot on April 12, 2011 at 2:16 PM said...

Sorry sobat Lumayan Lama aku ngak Jalan2 ney ,jadi sedikit ketinggalan baca2 yang "serba TER ter" ini , :xD

bluethunderheart on April 20, 2011 at 11:17 PM said...

menarik
salam hangat dari blue

Anonymous said...

coba kalo bentuknya sama kaya ikan paus pasti lebih serem lagi gan

madu3 on June 1, 2011 at 2:35 PM said...

Ikan yang amit-amit...
Sekalian salam kenal sob...
Aku tunggu kunjungan baliknya.

Teras Info on June 15, 2011 at 11:38 PM said...

waduh... serem-serem ya..

O ya, ikan piranha kalau diliat-liat mirip sama ikan bawal kalau kata saya..he..he..

Gulper Eel (Belut Gulper) kayanya bentuknya paling oke tuh, tidak terlalu buruk rupa..wkwkwk..

Rizkyzone on June 16, 2011 at 9:04 PM said...

ikannya bener2 seperti monster, lama g singgah sini, apa kabar kawan

Merliza on July 12, 2011 at 10:11 AM said...

paling serem piranha... :(
berkunjung pagi mas.. sekedar memberitahukan ada titipan... mohon di ambil, terimakasih :)

outbound training di malang on March 31, 2012 at 10:19 AM said...

kunjungan ..
salam sukses selalu ..:)

Obat Leukosit on April 24, 2013 at 1:35 PM said...

serem banget sama Piranha , sampai ada filmnya segala :(

Post a Comment

Maaf komentar sobat akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di publish.. Terimakasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Semua Serba Ter Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building