Saturday, November 27, 2010

Goa Terpanjang

Sobat hobby menjelajah? Suka berwisata ke goa? Saya punya referensi goa yang unik...
Goa ini masuk kategori goa terpanjang di dunia. Goa Mammoth yang berada di Kentucky, Amerika Serikat. Walau panjang goa ini masih terus diteliti, karena ada beberapa pendapat yang berbeda antara 367 km - 500 km (disebabkan ada beberapa bagian goa yang tidak dapat tereksplorasi). Panjang goa ini melewati pemegang rekor goa terpanjang kedua yang berada di Ukraina yang hanya memiliki panjang 214 km. Bandingkan juga dengan panjang goa Petruk di Kebumen (Goa terpanjang di Indonesia) yang  memiliki ukuran 2 km.

Pada tahun 1981, Goa Mammoth dideklarasikan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai salah satu warisan dunia ( World heritage sites).

Selain panjang, goa mammoth juga memiliki keindahan dan pesona alam yang sempurna. Di dalam goa tersebut ada aliran sungai  bawah tanah yang mengalir  yang memungkinkan terbentuknya dekorasi goa yang dinamakan speleothems (endapan goa). Dekorasi ini seperti gypsum bergambar bunga  dan jarum.




Goa Mammoth, Kentucky




32 comments:

Asis Sugianto on November 27, 2010 at 7:29 AM said...

Nice info sob,, indah banget goanya,,,, jadi pengen liat langsung dech untuk mengobati rasa penasaran,,,

sibutiz on November 27, 2010 at 7:41 AM said...

wow,keren banget tuch goa,,,
pengen kesana kaan....
ada yang mau kesana gak...??
saya mau numpang ...
hhe hhe...

syahida on November 27, 2010 at 7:58 AM said...

Pemandangan dalam goanya juga indah ...

Agus W on November 27, 2010 at 10:15 AM said...

sebulan kelar ngak ya mengitari semua badan goa kalo panjangnya aja sekitar 500-an km..
xexexexexee~

narti on November 27, 2010 at 11:09 AM said...

pemandangan dalam goa bagus banget, apalagi kalau bisa melihatnya langsung.

*makasih udah follow balik ya mba.

aciid !!!!!! on November 27, 2010 at 11:26 AM said...

kk suka yg panjang2 :D
hkhkhkh
pohon jati kk :D
wah asiik tuh buat tempat petak umpet :D

NURA on November 27, 2010 at 12:09 PM said...

salam sobat
keren dan indah goa teroanjang ini,
saya baru tahu goa seperti ini.

Ari on November 27, 2010 at 12:44 PM said...

kapan mau ke sana? aku ikut, hehe

N3773H on November 27, 2010 at 2:28 PM said...

@All: Thanks ya.. dah bersedia membaca dan mengomentari postingan ini

RAVE67-GIGIH on November 27, 2010 at 3:03 PM said...

Subhanallah... ternyata ada yang nggak ku ketahui...

genial on November 27, 2010 at 3:21 PM said...

keren tuh klu bikin pilem di situ... dapet baget kek nya ;)

anak nelayan on November 27, 2010 at 3:22 PM said...

pemandanganya keren abiz

ARaLL on November 27, 2010 at 4:24 PM said...

goa ini terbentuk secara alami ato sengaja di buat yah?????

andriyawan on November 27, 2010 at 4:30 PM said...

indah sekali ya,,,,


kapan-kapan ingin kesana,,mudah-mudahan ^_^

irwan on November 27, 2010 at 4:32 PM said...

kepengen sekali kesana,,,

tapi jauh,,,

Dhana/戴安娜 on November 27, 2010 at 4:47 PM said...

salam sahabat
maaf telat lagi
baru tahu amerika menepati posisi terpanjang dengan kebumen juga terpanjang diindonesia,makasih infonya

Mobil Ideal on November 27, 2010 at 7:59 PM said...

Lihat gambarnya saja udah Asyik gitu.
Tapi sayang ya sob, goanya jauh disana, tpi masih ada harapan untuk menjelajahinya.

tomo on November 27, 2010 at 8:20 PM said...

met malam maz/mbak.
wah selalu ada yang ter disini
kali goa terpanjang

uswah islam on November 27, 2010 at 8:22 PM said...

jika jalan kaki ya bisa patah tuh kakinya hehe

Hikmah Teladan on November 27, 2010 at 8:22 PM said...

gambarnya bagus ..
indah

BLOG Si YAQIN on November 27, 2010 at 8:58 PM said...

wooooooow! rasanya kayak ikut kesana

Sebuah Tips on November 27, 2010 at 9:43 PM said...

Itu kalau Tersesat gimana jadinya ya ? :D

Gieterror | Download Software Terbaru on November 27, 2010 at 9:54 PM said...

wahhh keren sobbb gua ny...
mksi infonya salam kenal sobbbb

Elsa on November 28, 2010 at 11:54 AM said...

ya ampuuuuuuuuuuuuuuuuun panjangnya segitu??
panjang banget yaaa...

BABY DIJA on November 28, 2010 at 11:55 AM said...

selain panjang, gua nya lebar juga yaaa

Rizky2009 on November 29, 2010 at 7:59 PM said...

pasti keren bgt nuih sob bisa jalan2 dalam gua itu

Urang Lembur on November 30, 2010 at 9:52 PM said...

Wah, kebayang jelajah goa ini...harus ada penginapan dan restoran didalamnya...

Ladida on December 11, 2010 at 6:44 PM said...

wah . , keren nich , panjang bener yak . ,

gua petruk kebumen bagian mana yah ??

Ladida on December 11, 2010 at 6:44 PM said...

wah . , keren nich , panjang bener yak . ,

gua petruk kebumen bagian mana yah ??

sibutiz on December 30, 2010 at 11:25 PM said...

asik banget ya,kalau bisa mengunjunginya tu goa....
mantabs abiez tuch...

penginapan di jakarta on February 23, 2011 at 5:41 PM said...

saya suka blog anda...
also visit jasa pengamanan

rayendra ain on October 18, 2013 at 9:20 AM said...

mistery hollow earth

Post a Comment

Maaf komentar sobat akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di publish.. Terimakasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Semua Serba Ter Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building