Sunday, December 12, 2010

Hewan Kamuflase Terbaik

Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan. Tujuan adaptasi dengan lingkungannya adalah untuk mencari makan dan melindungi diri. Dengan demikian, makhluk hidup mampu bertahan hidup dan berkembang biak.
Cara beradaptasi oleh makhluk hidup sangat beragam, contoh pada Kadal adalah adaptasi Fisiologi, dengan merubah warna kulit.  Kulit kadal dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya. Perubahan kulitnya terjadi sebagai respon atas suhu, cahaya dari keadaan sekitarnya. Perubahan warna kulit dibantu oleh hormon dan pigmen(zat warna pada kulit) untuk mengubah susunan pola warnanya sehingga terekspresikan sesuai dengan sinyal saraf yang diterimanya. Cahaya ini ditangkap sel chromatophores yang amat sensitif akan memicu pergolakan pigmen-pigmen.
Hal ini merupakan salah satu cara bagi Kadal untuk berkamuflase. Kamuflase adalah suatu kemampuan hewan untuk menyamarkan diri sehingga kehadiran hewan tersebut di lingkungan tidak jelas.


Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok  reptil memang jagonya dalam hal kamuflase, hewan ini dapat menyatu dengan lingkungannya secara sempurna. Sulit dilihat walau dalam jarak dekat. Penyamarannya sangat menakjubkan. 


Beberapa gambar kamuflase (penyamaran) kadal yang sempurna :











19 comments:

BLOG-SANTAI on December 12, 2010 at 11:39 AM said...

wedew.. Bener2 ga nyangka..
Si kadal itu, nampak seperti kayu yg ditumpanginya.

Kemampuan ini mirip ama bunglon ya dg fitur 'mimikri' yg dimilikinya :)

Bali Property on December 12, 2010 at 12:15 PM said...

sangat tak kelihatan ya, menabjubkan baanget,
kalo tidak teliti, sangat sulit sekali ditemukan.
terlihat seperti anggota pohonnya.
Bali Villas Bali Villa

four dreams on December 12, 2010 at 3:23 PM said...

wih beneran nyaru banget

Noor's blog (inside of me ) on December 12, 2010 at 4:47 PM said...

Memang sangat menakjubkan...tapi ga jauhlah kemampuannya sama Bang Pendi. Kalo die deket2 Irfan Bachdim mukanya berubah persis sama, kayak pinang di belah dua...cuma yang sebelah ditumbuk jadi ancur...hehehe

salam hangat selalu...

aciid !!!!!! on December 12, 2010 at 5:45 PM said...

mav kk :11 bru bsa maen
modem abis ngadat :16

wah asiik tuh..
coba manusia jga bsa buat baju kayag begitu :D

Rchymera on December 12, 2010 at 9:20 PM said...

Wow benar2 sulit untuk dibedakan,sungguh benar2 sempurna penyamaran yang dilakukan...:D

Blog Sepakbola on December 13, 2010 at 3:31 AM said...

@Noor haha... :33

Emang kalo deket Irfan bachdim mukanyajadi bisa berkamuflase gitu ya? :27

Imtikhan on December 13, 2010 at 7:22 AM said...

salam sahabat
mantap ya nggak nyangka kalau ada hewannya
sama persis

sibutiz on December 13, 2010 at 8:05 AM said...

susah membedakanya ya kawan...
itu adalah kelebihan yang di miliki hewan tersebt.
karena masing juga punya kelebihan dan kekurangan..
bukan begitu kawan,,,??
makasih.

four dreams on December 13, 2010 at 11:50 AM said...

posting barunya mana sob :)

narti on December 13, 2010 at 10:48 PM said...

kirain lebih bagus bunglon loh, eh ternyata kadal jauh lebih sempurna dalam berkamuflase.
makasih artikelnya mba.

Rizky2009 on December 14, 2010 at 7:22 AM said...

dengan cara bgt hewan2 tersbut bisa mengelabui calon mangsanya, iya kan sob

Ladida on December 14, 2010 at 12:32 PM said...

benar benar terrrbaik kamuflasenya . ,

harus teliti tuh . , sekilas saja tdk kelihatan . , :30

AutoCad on December 14, 2010 at 5:35 PM said...

mantaff infonya bisa menambah ilmu..jangan lupa berkunjung balik. THX

Kampung Perawan on December 14, 2010 at 5:55 PM said...

Huif.. betah saya berkunjung tiap hari ke blog seperti ini. obat stress..

syahida on December 15, 2010 at 4:51 AM said...

KAmuflase pada binatang merupakaan alat pertahanan diri yang cukup baik ....
Jadi tidak tahu keberadaannya ...

kakara on December 26, 2010 at 5:08 AM said...

Koq bisa begitu ya.. Subhanalloh.

Elsa on January 10, 2011 at 12:22 PM said...

subhanallaaaaaah
hampir gak kelihatan yaaa

r10 on January 16, 2011 at 10:43 AM said...

wah benar-benar mirip kamuflasenya

Post a Comment

Maaf komentar sobat akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di publish.. Terimakasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Semua Serba Ter Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building