Saturday, January 29, 2011

Yang Terunik dari Tumbuhan Karnivora

Hewan makan tumbuhan itu hal yang biasa. Karena demikianlah rantai makanan. "Tumbuhan dimakan hewan herbivora, hewan herbivora dimakan hewan karnivora..." (kata guru SD saya dulu).
Tapi bagaimana dengan tumbuhan yang makan hewan? Kedengarannya seperti aneh, tapi kenyataannya banyak jenis tumbuhan yang memangsa hewan untuk kelangsungan hidupnya. Mirip hewan, tumbuhan karnivora memiliki gerakan menjebak dengan cepat, sensitivitas seperti sistem saraf dan umpan untuk memikat korbannya.
Tumbuhan Karnivora memiliki 2 tipe mekanisme penjebak:
A. Tipe Mekanisme Penjebak Aktif
  1. Jebakan Jepit
  2. Jebakan Penyedot
B. Tipe Mekanisme Penjebak Pasif
  1. Jebakan Lubang Perangkap
  2. Jebakan Lobster
  3. Jebakan Kertas Perekat
Bagi sobat yang belum tahu atau yang sudah tahu namun lupa, yuk kita lihat  yang terunik dari tumbuhan Karnivora (Tumbuhan pemakan hewan).
Sebenarnya banyak jenis tumbuhan karnivora, namun dalam postingan ini akan ditampilkan beberapa jenis tumbuhan karnivora terunik versi Serba Ter :)

1. Kantong Semar (Nephentes)

Tipe mekanisme penjebak : Lubang Perangkap (Pitfall)

Kantong semar atau dalam bahasa Inggris di sebut Tropical pitcher plant tumbuh dan tersebar mulai dari Australia bagian utara, Asia Tenggara, hingga Cina bagian selatan. Di dunia telah ditemukan 82 jenis kantong semar, 64 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Bentuk tanaman ini sangat unik dan menarik, menyerupai kendi atau kantong yang memiliki tutup yang bisa terbuka dan tertutup. Pada bagian ujung kantong berwarna merah serta menebarkan aroma yang khas. Inilah yang menjadi daya tari kantong semar untuk menarik mangsanya. Tak heran banyak serangga yang dibuat lengah oleh kantong semar. Begitu mendekat ke bibir kantong semar, mangsa akan terpeleset dan masuk ke dalam kantongnya yang licin. Cairan yang berada di dalam kantong itu langsung bekerja mencerna mangsanya. Cairan-cairan itu dihasilkan oleh bagian bawah kantong semar. 
Kantong semar memiliki daun yang ujungnya termodifikasi menjadi kantung perangkap. Kantung tanaman yang berumah dua ini memiliki dua bagian, yaitu area licin di bagian atas dan area digesti di bagian bawah. Bibir (peristom) dan bagian bawah tutup kantung mengandung kelenjar nektar untuk menarik mangsa.
Tumbuhan ini memerlukan beberapa jam saja untuk mencerna serangga kecil, sedangkan untuk serangga besar dibutuhkan waktu beberapa hari.

 
2. Venus flytraps 
Tipe mekanisme penjebak : Jebakan Jepit
Tanaman yang endemik di daerah Carolina Utara dan Selatan ini memiliki daun yang termodifikasi menjadi penjebak serupa jepit dengan beberapa rambut sensor gerak di dalamnya. 
Modifikasi daun dengan dua lobus yang menutup bersamaan dengan cukup cepat untuk menangkap serangga. Mangsa yang memasuki perangkap menyentuh rambut sensoris, yang membangkitkan impuls listrik yang memicu penutupan perangkap tersebut. Pergerakan perangkap itu sesungguhnya adalah respons pertumbuhan yang sangat cepat di mana sel-sel di bagian luar setiap lobus mengakumulasi air dan membesar.Keadaan ini akan mengubah bentuk lobus tersebut, yang menyatukan pinggiran lobus secara bersama. Kelenjar dalam perangkap itu kemudian mensekresikan enzim pencernaan, dan zat-zat makanan kemudian diserap oleh daun yang dimodifukasi..



3. Sarracenia
Tipe mekanisme penjebak : Lubang Perangkap (Pitfall)
Tanaman berkantung ini berasal dari Amerika Utara. Sarracenia memiliki rimpang dengan akar serabut, daun berbentuk corong yang selanjutnya disebut kantung. Pada bagian atas daun terdapat bentuk tambahan semacam penutup. Kantung biasanya membentuk roset sekitar titik tumbuh pada rimpang. Bagian dalam kantung dibagi menjadi 4 zona berdasarkan fungsi dan struktur permukaannya. Zona pertama pada bagian permukaan penutup yang mengandung kelenjar nektar dan rambut yang mengarah ke bawah disebut zona penarik. Zona kedua, tepat di bawah zona pertama, mengandung banyak kelenjar nektar dan permukaannya halus. Zona ketiga mengandung banyak kelenjar pencerna dan permukaannya licin berlilin. Zona keempat merupakan area pencerna dan penyerap, mengandung banyak rambut yang mengarah ke bawah. Fungsi rambut yang mengarah ke bawah adalah untuk mencegah mangsa lolos dari cairan maut.

4. Cephalotus
Tipe mekanisme penjebak : Lubang Perangkap (Pitfall)
 Hanya ada satu spesies dalam genus ini, yaitu Cephalotus follicularis. Tanaman ini berasal dari daerah berawa di barat daya Australia. Daun membentuk roset pada rimpang. Kantung berbentuk seperti mug dengan tutup yang penuh rambut pada permukaannya. Daun dan kantung terhubung oleh tendril yang menempel pada punggung kantung. Ukuran kantung dapat mencapai tinggi 8 cm dan diameter 3 cm. Pada kantung terdapat 3 sayap berbulu yang menunjang kekakuan kantung. Satu sayap berada di depan, sedangkan dua lainnya di kanan-kirinya melintang dari depan-atas ke belakang-bawah. Bibir kantung bergerigi. Di sisi dalam di bawah bibir terdapat area yang mengandung kelenjar nektar. Pada sisi dalam dasar kantung, di antara sayap depan dan sayap samping terdapat kelenjar digesti yang menghasilkan enzim pencerna mangsa.  


5. Sundew - Drosera

 Tipe mekanisme penjebak : Kertas perekat
Genus ini memiliki lebih dari 100 spesies dengan ukuran (mulai dari beberapa mm hingga 1 meter) dan bentuk daun yang beragam (mulai dari memanjang sampai membulat). Pada daun terdapat kelenjar berbentuk bulat dengan tangkai panjang yang disebut tentakel. Jika ada serangga yang tertangkap tentakel di sekitar mangsa akan bergerak mendekat. Beberapa spesies bahkan menggulung atau menekuk daunnya untuk memperbesar area kontak dengan mangsa. Drosera mampu menghasilkan enzim pencerna.
Pada ujung rambutnya dilapisi cairan yang sangat kental mirip embun dengan aroma yang khas untuk menarik perhatian serangga. Serangga yang tertarik dengan aroma sundew berusaha mendekat dan hinggap pada tumbuhan sundew. Apabila terkena rambut-rambut halus sundew, serangga tersebut langsung menempel. Di saat serangga ingin melepaskan diri, daun sundew yang panjang justru menggerakkan daunnya ke arah bagian dalam untuk lebih merekatkan mangsanya. Kemudian, ia mencerna seluruh bagian serangga.

6. Tanaman Cobra (Darlingtonia)

Tipe mekanisme penjebak : Lubang Perangkap (Pitfall)
Genus ini hanya terdiri dari satu spesies, Darlingtonia californica. Tanaman karnivora yang disebut juga cobra lily ini berasal dari area pegunungan Amerika Utara. Daun tumbuh dari rimpang ke atas membentuk kantung dengan ujung berkubah dengan dua sirip. Sirip ini diduga berperan sebagai tempat landasan mangsa sebelum masuk ke dalam mulut kantung yang mengarah ke bawah. Di sisi dalam mulut kantung ini banyak terdapat kelenjar nektar. Bagian kubah hampir transparan. Setelah mangsa masuk kubah ini dapat menipunya hingga mangsa menabrak dinding dalam kubah dan tercebur ke dalam cairan. Sisi dalam kantung Darlingtonia sama dengan kantung Sarracenia, banyak terdapat rambut yang mengarah ke bawah untuk mencegah mangsa memanjat naik. Ukuran daun atau kantung dapat mencapai lebih dari 90 cm. Pada tanaman dewasa, rimpang dapat membentuk stolon.

7. Aldrovanda (waterwheel Plant)
 Tipe mekanisme penjebak : Jebakan Jepit
Hanya ada satu spesies dalam genus ini, yaitu Aldrovanda vesiculosa. Tanaman air tanpa akar yang mengambang di air ini memiliki mekanisme penjebak yang sama dengan Venus dengan ukuran yang lebih kecil dan berfungsi di dalam air. 

CARA MENCERNA :
Tumbuhan Karnivora mencerna korbannya lewat proses penguraian kimia mirip sistem pencernaan pada hewan, juga dibantu bakteri dari luar. Produk akhir, terutama senyawa nitrogen dan garam-garam diserap oleh tumbuhan.
Tumbuhan karnivora sesungguhnya adalah tumbuhan hijau juga yang memproduksi makanannya dengan cara fotosintesis. Adaptasi mereka untuk mencerna protein hewan, adalah mekanisme bertahan (survive) di bawah kondisi lingkungan yang tidak ramah seperti media tanah yang kekurangan unsur hara.

47 comments:

moenas on January 29, 2011 at 5:38 PM said...

pertamax kayanya neh...
aneh2 aje ya tumbuhannya, ane baru tahu tuh..
nice post brow

ye2n on January 30, 2011 at 1:52 AM said...

pernah lihat tumbuhan ntuh semua. tapi gak tau cara maemnya . .
sip sip sip. nice posting

electrical on January 30, 2011 at 4:57 AM said...

Kayak di filem kartoon ada tanaman yang bisa makan orang

kisah abu nawas on January 30, 2011 at 6:08 AM said...

salam son
unik sekali

sibutiz on January 30, 2011 at 9:49 AM said...

wow,,
makasih ka at5as share infonya..
yang makan serangga tuch yang paling saya suka...
keren..

Serba Ter on January 30, 2011 at 1:07 PM said...

@moenas: Iya bos... pertama :) thanks dah berkunjung dan berkomen ria
@ye2n: Udah tahu kan sekarang? hehe
@electrical: Iya bos, emang pernah di film Kartoon,tapi yang aslinya nggak sampai segitu :)
@Kisah abu nawas: salam balik
@sibutiz:Terimakasih juga kawan

Gaphe on January 30, 2011 at 3:21 PM said...

coool... jaman saya kuliah dulu juga belajar beginian. mereka memiliki aroma yang khas untuk menarik mangsa, dinding licin sehingga bisa menggelincirkan, dan enzim pencernaannya mampu membuat serangga trcerna dalam beberapa hari saja

Blog Santai on January 30, 2011 at 3:49 PM said...

untungnya tumbuhannya kecil-kecil, coba kalo segede pos ronda, manusia pun bisa dimakan.. wakwakwakakakk

SyahidaComputer on January 30, 2011 at 3:50 PM said...

Emang unik tumbuhan ini, biasanya sebagai makanan hewan tapi yang ini malah makan hewan. Yang masih bingung gimana ya craa mencernanya ??

Asis Sugianto on January 30, 2011 at 3:53 PM said...

belum pernah liat tanaman seperti ini,,,

perawatan-ac on January 30, 2011 at 3:59 PM said...

ane kira tanaman ini cuman ada di games super mario aja ...anehh juga tapi nyata..!hehe mantap beritanya nihh

Serba Ter on January 30, 2011 at 4:10 PM said...

@Gaphe: Seratus buat sobat Gaphe... berarti dulu waktu pelajaran biologi, duduknya paling depan ya?
@Blog Santai:iya bos... sempat kebayang juga gitu, tapi nggak dapat bayangan pos ronda hehe
@syahida computer: Ada enzim pencerna di bagian daunnya bos... memang cara kerjanya tidak cepat seperti layaknya kita atau hewan mencerna makanan.
@Asis Sugianto: asyik ama softwarenya terus sih... hehhe paece..
@Perawatan AC: eh orangnya ada... nyata bos.. tapi emang mangsanya nggak gede2 kayak di film2...

Iskaruji on January 30, 2011 at 5:30 PM said...

Tumbuhan carnivora?...kenapa gue jadi merinding ya..jadi ingat film horror nich...nice and edukatif post

S2SELF on January 30, 2011 at 6:07 PM said...

dari ke tujuh jenis tanaman carniv0ra yg disebutkan tsb, saya tertarik untuk menanam tanaman jenis nomor 6. Tanaman Cobra (Darlingtonia), heheheee, nice info teman, salam kenal.

Daris Firzan on January 30, 2011 at 6:07 PM said...

wah, ngeri amat nih tumbuhan, jujur selama hidup di bumi ini belum pernah lihat tuh tanaman yang asli nya, kecuali lihat di buku dan disini , hehehe

kalau kita masukan jari bisa putus gk ya ?, heheheh

van on January 30, 2011 at 6:09 PM said...

wah ternyata sangat bermacam macam tumbuhan yg hobby memakan binatang ya.. dengan blog serba ter jadi banyak pengetahuan nih.. makasih ya..

Teras Info on January 30, 2011 at 6:35 PM said...

wah...terimakasih banyak atas infonya, Kawan..

tanaman-tanaman itu ternyata ganas juga ya, kalau ukurannya segede pohon kelapa gimana ya...he.he..

Poto tanamannya keren-keren, kawan..

Serba Ter on January 30, 2011 at 6:55 PM said...

@Iskaruji: Waduh... namanya menyeramkan kali ye?... makasih sudah mampir di sini
@S2SELF: bagus tuh, jadi bisa nakut2in maling kalau malam hari :)
@Daris Firzan: kayaknya perlu di coba masukin jarinya.. untuk pembuktian hihi tapi kayaknya nggak samapi putus.
@van: Terimakasih bos
@Teras Info:Kalau segeda Pohon kelapa yah nggak kebayang juga.. Makasih ya bos

TUKANG CoLoNG on January 30, 2011 at 10:47 PM said...

semasih bentuknya kecil sih oke, kalo bentuknya raksasa kayak di pilm2 baru

Penghuni 60 on January 31, 2011 at 8:41 AM said...

hiiiii, sadis jg tuh tumbuhan...
kalo misal jari kita yg dimasukin kesitu gmn tuh...kira2 bakal dijepit gak ya???

gimna ngabayangin kalo ukurannya gede...sereeem..

Imtikhan on January 31, 2011 at 9:02 AM said...

salam persahabatan
lihat dari gambarnya bagus juga

r10 on January 31, 2011 at 12:58 PM said...

jangan sampai tangan kita tergigit tumbuhan itu deh, pasti sakit rasanya :D

wits on January 31, 2011 at 1:28 PM said...

iya, aku inget pelajaran waktu SD dulu, dan..yang nomor 1 itu aku inget sekali, abis ada kantong semarnya, hehehe

Rizky2009 on January 31, 2011 at 3:00 PM said...

kantong semar kalau dilihat2 kaya kondom bentuknya bener2 unik

Serba Ter on January 31, 2011 at 7:59 PM said...

@TUKANG CoLoNG: baru ngeriii :)
@Penghuni 60: coba dulu ya..ntar kalau dah ada hasil ngasih kabar hehe
@Imtikhan: terimakasih kunjungannya kawan
@r10: Banyak yang mau coba kayaknya :)
@wits:Nah salah satu mantan murid teladan nih :)
@Rizky2009: Gitu ya? hehe

Tomo on January 31, 2011 at 8:50 PM said...

balasan..
wah carnivora sangat bahaya ya

kisah abu nawas on January 31, 2011 at 9:20 PM said...

salam sob

sichandra on January 31, 2011 at 10:20 PM said...

wah saya baru tahu kalau ada tumbuhan yg bisa makan hewan , mantaaapzz

NURA on February 1, 2011 at 12:13 AM said...

salam sobat
benar, semanya unik
apalagi yg no 2, venus flytraps seperti makan sesuatu.

Kelpo on February 1, 2011 at 2:24 AM said...

Nomor 5 dan 7 saya baru tahu, keren ..

Up Tekno on February 1, 2011 at 8:08 AM said...

mayoritas yg dimangsa hewan2 kecil ya?
ane kira hewan seperti cheetah, jerapah, dkk..
He3x...

dee on February 1, 2011 at 10:41 AM said...

wah kantung semar pemakan insect ya..hmmm Nice share Serba Ter! Thanks

catatan kecilku on February 1, 2011 at 11:02 AM said...

Selama ini yg aku tahu hanay kantong semar aja. Ternyata banyak juga ya macamnya.

the other on February 1, 2011 at 11:04 AM said...

Yang ada di Indonesia selain kantong semar ada gak ya?

Place to Study on February 1, 2011 at 11:05 AM said...

Shasa suka dg gambar kedua yg gerak2 itu... Ternyata bgitu ya caranya menangkap mangsa?

jejak langkahku on February 1, 2011 at 11:05 AM said...

Palajran IPA di sekolah gak ada yg spt itu ya..? hehehe

Arkan Azis Kusuma on February 1, 2011 at 11:13 AM said...

Hebat yah Indonesia punya banyak jenis kantong semar. Tapi serem juga kalo ngeliat tumbuhan makan hewan. (kebalik, biasanya hewan makan tumbuhan) apalagi pas scene lalat dilumat habis dalam mulut kantong semar. huiiii hahahha

User Agent Trick on February 1, 2011 at 11:56 AM said...

wah kalo bunga bangkai masuk kategori yang kantong ajaib ya.. he he.. kantong semar maksudnya.. makasih infonya :)

Serba Ter on February 1, 2011 at 1:47 PM said...

@Tomo : Lumayan bos
@kisah abu nawas : Salam balik :)
@sichandra : MAntap juga hehe
@NURA : Tadinya pengen nyari gambar yang ada prosesnya nda, tapi nanti saya usahakan supaya ada yang kayak Venus
@Kelpo : ok bos
@Up Tekno : Kalau yang dimangsa hewan yang gede2 juga, saya juga ikut degdegan takut dimangsa ama tumbuhan2 di atas :)

Serba Ter on February 1, 2011 at 2:13 PM said...

@dee: Makasih kembali Sobat Dee :)
@catatan kecilku : Iya mbak Reni, sebenarnya masih ada beberapa jenis lagi..
@the other : Sejauh ini ang lebih diketahui di Indonesia adalah kantong semar, walaupun ada beberapa jenis yang bisa ditemukan di Asia namun lebih tepatnya sementara saya telusuri :)
@Place to Study: Iya shasa, Venus memang paling terkenal karena tipe mekanisme penjebak yang aktif
@jejak langkahku : belum nyampe ke situ kali Sa....
@Arkan Azis Kusuma : iya kebalik tuh hihi
@User Agent Trick : Bunga bangkai memang mengeluarkan bau tidak sedap untuk mengundang serangga namun bukan untuk memangsanya namun untuk penyerbuk bagi bunganya :)

Gieterror on February 1, 2011 at 4:36 PM said...

wowww keren jugga tuhh tumbuhan karnivoranya...

oia link sudah terpasang rapi broo,.

silahkan cek kembali.. mksi yya.. :)

kisah abu nawas on February 2, 2011 at 6:40 AM said...

salam sob

Artikel Islami on February 3, 2011 at 6:06 AM said...

Segala puji bagi Allah atas semua keunikan ini.

iam on February 3, 2011 at 8:15 AM said...

Wuihh unik banget ya tanamannya :D

Ajeng Sari Rahayu on February 12, 2011 at 9:29 PM said...

1. Kantong Semar (Nephentes) yang ini ngeri mbak, geli aku...

Jadi kebayang kakiseribuuuuuuuuuu
>.<

alanindra on October 31, 2012 at 10:43 AM said...

MOHON IJIN UNTUK SHARE
artikel saudara akan kami postr diblog kami, supaya informasi ini bisa menyebar..
semoga bermanfaat..
terimakasih

Any Septianti on August 21, 2013 at 8:45 PM said...

Bgus..
Sumber bacaannya dari mana ya?

Post a Comment

Maaf komentar sobat akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di publish.. Terimakasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Semua Serba Ter Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building