Sunday, February 13, 2011

Hewan dengan Suara Terkeras

Sepertinya ada di antara sobat yang sudah mengetahui beberapa hewan dengan suara terkeras, tidak ada salahnya saya berbagi kepada mereka yang belum mengetahuinya. Hewan-hewan mempunyai cara tersendiri untuk berkomunikasi dan mengirimkan pesan kepada sesamanya. Yuk kita lihat beberapa hewan dengan suara terkeras.

1. Paus Biru

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut  yang masuk kedalam subordo paus balim.  Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada.
Ikan yang kerap menyemburkan air dari lubang hidungnya itu juga memiliki suara yang khas. Kekuatan suara yang dihasilkan paus biru diperkirakan mencapai 155 hingga 188 desibel. . jika kita bandingkan dengan konser rock yang rata-rata hanya menccapai 100 desibel,



Untuk berkomunikasi dengan sesamanya, kelompok paus biru akan membuat panggilan pada frekuensi fundamental, yaitu antara 10 hingga 40 Hertz. Sebagai perbandingan, frekuensi suara terendah manusia berkisar 20 Hertz. Uniknya, dalam berkomunikasi dengan sesama, paus biru kerap mengeluarkan suara yang bernada.

Para ilmuwan meyakini bahwa fenomena tersebut tidak terlihat di populasi lain manapun dan benarbenar menjadi ciri khas spesies paus biru (Balaenoptera musculus). Ikan itu juga kerap dikatakan sebagai ikan dengan suara terkeras. Hingga saat ini, belum ada satu pun ahli yang mengetahui maksud dari vokalisasi yang dikeluarkan paus biru tersebut.

Para pakar hanya menduga hal itu sebagai media paus biru untuk memelihara jarak antar individu, tanda perkenalan antara individu yang satu dengan individu lainnya, atau media transmisi informasi kontekstual seperti untuk memberitahukan area makanan atau buruan, peringatan tanda bahaya, dan percumbuan.
Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.

2. Gajah






Gajah (Elephantidae) adalah mamalia darat terbesar yang masih hidup.
Ketika gajah memijakkan kakinya,getaran bisa terdengar sampai 20 mil melalui tanah. Sebagai informasi gajah juga melakukan komunikasi melalui kaki yang dihasilkan getaran tersebut. Penelitian di afrika mengidentifikasi gajah mengirimkan pesan untuk peringatan, untuk menyapa dan untuk mengumumkan..”Let’s go..”. Suara ini berkekuatan 80-90 desibel, lebih keras daripada kebanyakan manusia berteriak

3. Serigala




Serigala adalah binatang mamalia karnivora. Serigala abu-abu mempunyai asal-usul yang sama dengan anjing luar negeri dari keluarga Canis Lupus
Srigala melolong karena berbagai alasan. Untuk menyatakan posisi terhadap kawan nya, untuk menjaga territorial. Suara lolongan serigala menimbulkan kengerian tersendiri bagi yang mendengarnya, bisa mencapai 10 mil jauhnya.

4. Howler Monkey




Hewan ini ditemukan di hutan hujan amerika. Bisa tumbuh sampai dengan tinggi 4 kaki dan biasa hidup berkelompok.
Mereka memiliki tulang basihyal atau hyoid membesar yang membantu mereka membuat suara keras.
Lolongan monyet ini bisa terdengar sampai 10 mil, dan masuk rekor guinness sebagai the loudest land animal.


5. Hyena


Hyena atau Hyæna adalah karnivora asli Afrika, Arab, Asia dan subbenua India. Mereka adalah anggota dari famili Hyaenidae. Pada famili tersebut terdapat empat spesies, Crocuta, Hyaena, Parahyaena dan Proteles.
Hyena dari kelas berstruktur sosial tinggi mengeluarkan banyak variasi suara mulai dari kata "whuup" yang bisa terdengar dari kejauhan, suara tertawa, hingga erangan di antara kerabat dekat.
Hyena membuat staccato, serangkaian suara hee-hee-hee bernada tinggi atau disebut “cekikikan” oleh ahli zoologi ketika mereka sedang terancam, dikejar, atau diserang. Tawa mengganggu ini bisa didengar hingga 8 mil jauhnya.


6. Singa Afrika


Mungkin adalah hewan yang panggilannya paling gampang dikenali, raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman singa terdengar bisa mencapai 5 mil jauhnya.

7. North American Bullfrog



Namanya berasal dari suara kerasnya, teriakan jauh yang dikeluarkan katak jantan. Suaranya bisa terdengar hingga satu setengah mil jauhnya, membuat mereka jauh lebih besar dan lebih ganas daripada sebenarnya.Untuk membuat suara beresonansi yang digunakan untuk panggilan kimpoi, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut dan diseberang pita suaranya.




44 comments:

Blog Santai on February 13, 2011 at 1:43 AM said...

pertamaxss...
Kodok, kecil2 cabe rawit ya =))

Ajeng Sari Rahayu on February 13, 2011 at 7:19 AM said...

Yang ketujuh deh mbak, nggak nyangka aja katak juga bersuara ampe segitu kerasnya ...

keren!

Djangan Pakies on February 13, 2011 at 7:31 AM said...

Wah Hiu dengan 155 desibel, tentu bisa bising luar biasa. Untungnya diredam oleh air.
.....
kodok berkimpoi dengan suara, kalo manusia dengan apa hayo ....

Daris Firzan on February 13, 2011 at 7:31 AM said...

wah, thanks infonya baru tau ane kalau kodok besar suaranya.. :)

UP Tekno on February 13, 2011 at 8:20 AM said...

Sungguh luar biasa, bagaimana gajah-gajah menerima sinyal informasi itu lewat kakinya ya? Apalagi dengan jarak sejauh itu. Manusia harus belajar darinya,

Met pagi sob! Happy blogging n' happy weekend :))

UP Tekno on February 13, 2011 at 8:23 AM said...

Sungguh luar biasa, bagaimana gajah-gajah menerima sinyal informasi itu lewat kakinya ya? Apalagi dengan jarak sejauh itu. Manusia harus belajar darinya,

Met pagi sob! Happy blogging n' happy weekend Aja :))

Reza Saputra on February 13, 2011 at 8:36 AM said...

kasihan yang lain, gak masuk nominasi :D

Serba Ter on February 13, 2011 at 10:01 AM said...

@Blog Santai: Badan boleh kecil tapi suaranya boleh nantang :)
@Ajeng Sari Rahayu : Ajaib juga ya... btw, udah eksis lagi nih yang baru pulang jalan2..
@Djangan Pakies: Manusia lebih heboh ama lempar batu dan bakar2 ban hehehe
@Daris Firzan : Begitulah sobat.
@UP Tekno : Itulah kemahakuasaan Tuhan, setiap makhluk hidup diberikan cara tersendiri untuk bisa berkomunikasi.
@Reza Saputra : Nanti buat nominasi lain aja, siapa tahu ada hewan lain yang terpilih :)

Asis Sugianto on February 13, 2011 at 10:33 AM said...

baru tahu saya kalau di atas itu merupakan hewan-hewan dengan suara terkeras,, biasanya saya cuman mendengar suara anjing di malam hari,,,,

Akoey on February 13, 2011 at 11:16 AM said...

Paling keren suara serigala, aku suka tuh. untungnya hewan2 trsebut ga semua bisa dipeluhara yah sob, kalo misalnya peliharaan smua pasti berisik.
Pengetahuan baru nih, makasih atas sharingnya sob..

moenas on February 13, 2011 at 4:21 PM said...

yang paling saya tahu itu yang no.4 brow soalnya klo ke keboh binatang pasti die paling berisik xoxoxo..

hanya on February 13, 2011 at 4:23 PM said...

sob kali2 minta prediksi hewan yang mudah untuk dijinakan donk ^^

van on February 13, 2011 at 4:50 PM said...

wah memang serba ter beneran deh.. semua yg ada diblog ini, mudah2an pemiliknya juga TER pintar dalam mengisi posting2nya.. salam...

Serba Ter on February 13, 2011 at 4:53 PM said...

@Asis Sugianto: Karena memang tempat tinggal kita jauh dari habitat hewan2 di atas :) bayangkan aja kalau deket..
@Akoey : Apalagi kalau dibuat NSP atau nada dering hihi
@moenas : termasuk paling usil :)
@hanya : Boleh juga nih request...
@van: amin...amin.. makasih doanya kawan :)

award on February 13, 2011 at 6:03 PM said...

nice info.. saya ada AWARD untuk anda.. silahkan di ambil di blog saya.. :D

Iskaruji on February 13, 2011 at 7:26 PM said...

Selama ini saya cuma mengetahui bahwa hewan yang memiliki suara yang keras hanya dari golongan hewan darat. Ternyata ada dari jenis ikan juga Sob...Nice info!

sichandra on February 13, 2011 at 7:29 PM said...

waao , kodok walaupun kecil ternyata suaranya keras toh..
mantaap tuh kodok , hahaha

mundo_idiot on February 13, 2011 at 8:04 PM said...

MANTAP JADI BANYAK TAHU AKU SEKARANG,, HEHHE THX SOBAT KU TUNGGU EPISOD BERIKUTNYA ...

Kelpo on February 13, 2011 at 8:37 PM said...

Tidak menyangka bull frog masuk peringkat 7 .. :D

TUKANG CoLoNG on February 14, 2011 at 12:55 AM said...

eh aku ga nyangka hewan2 itu yg masuk kategori. sungguh mengejutkan

Penghuni 60 on February 14, 2011 at 10:15 AM said...

wah, ternyata si kodok masuk jg ya dlm kategori ini, emang sih suaranya emang paling nyaring...
di samping rumahku tuh, kalo abis hujan pasti aja mreka pada konser.
hehe...

NIT NOT on February 14, 2011 at 10:36 AM said...

mongkeys nya ngeri euy gede lagi...wah2..bagus nie postingannya...oh ya kalo gak salah singa atau harimau kadang ngalah ama hiena pas rebutan makanan...hiena...kecil2 tapi nyalinya gede...

Rizky2009 on February 14, 2011 at 10:52 AM said...

ternyata paus biru yang memiliki suara paling keras yh, saking kerasnya mp g bisa kedengeran

kira on February 14, 2011 at 12:37 PM said...

serba ter....
hehehe
keren.. like it..

Gaphe on February 14, 2011 at 1:40 PM said...

mungkin suara terkeras masing-masing emang frekuensinya diukur pake hertz. kadang ada yang nggak terukur, tapi bisa dirasakan puluhan kilometer tetapi oleh sesama jenis hewannya juga.. jadi definisi kerasnya itu relatif :)

assyafieq on February 14, 2011 at 3:45 PM said...

apalagi kalau pas lagi berteriak...

Dhana/戴安娜 on February 14, 2011 at 9:34 PM said...

salam sahabat
wah monkey termasuk juga yach,maaf telat

bluethunderheart on February 15, 2011 at 2:59 PM said...

visualnya aku nonton nah tulisanmu pastilah blue baca juga....menarik
slam hangat dari blue

Serba Ter on February 15, 2011 at 7:57 PM said...

@award : Terimakasih kawan untuk award nya, saya terima dengan senang hati dan akan saya pajang nanti
@Iskaruji : Malah yang terkeras bos
@sichandra : Popularitas kodok jadi naik nih hehehe
mundo_idiot : segera terbit episode berikutnya.. terimakasih :)
@Kelpo: kecil2 tapi hebat
@TUKANG CoLoNG : iya bos.. makasih ya kunjungannya

Serba Ter on February 15, 2011 at 8:10 PM said...

@NIT NOT: Pernah rebutan makanan ama Hyena gak>? hehe Makasih kawan
@Rizky2009 : Kalau mau dengar nanti jalan2 ke habitatnya :)
@kira : Terimakasih kawan
@Gaphe: Mungkin saja bos.. Ini hanya hasil penelitian para ahli, siapa tahu aja ada yang terlewatkan
@assyafieq : Apalagi kalau berteriaknya di telinga kita hehehe
@Dhana/戴安娜 : iya mbak Dhana... gpp mbak saya juga sering telat main ke Hongkong :)
bluethunderheart : Terimakasih sahabat blue :)

NURA on February 16, 2011 at 9:59 AM said...

salam sobat
ternyata tidak cuma srigala yang bersuara keras.
ada ikan juga di laut.
trims sharingnya.

Tomo on February 16, 2011 at 11:07 AM said...

paus biru bisa mengeluarkan suara bernada lak yo koyok musik ae yo la'an.
Merdu untukdi dengar, tapi sayang nadanya kurang banyak rentang terlihat dari frek yang ada

catatan kecilku on February 16, 2011 at 9:30 PM said...

serasa ngikutin acara on the spot aja nih... hehehe

the others... on February 16, 2011 at 9:36 PM said...

Ada jenis katak bisa bersuara keras juga to ternyata..?

place to study on February 16, 2011 at 9:39 PM said...

Suaranya ikan hiu spt apa ya..?

sibutiz on February 16, 2011 at 10:38 PM said...

wach,keren tuch sang paus biru...
hhe hhe...
PRAKERIN saya baru di mulai jumat ka,dan akan berlangsung selama 3 bulan...
makasih ka..

kisah abu nawas on February 17, 2011 at 4:25 PM said...

salam sob
itu smw hewan ganas2 ya

New Trik Tips Komputer on February 17, 2011 at 7:52 PM said...

paus biru selain hewan terbesar juga suaranya paling keras ya ,.,.
hebatlah ,.,.

Berpikir Positif on February 17, 2011 at 8:23 PM said...

wah ini tukang teriak semua ya hewannya, baru tahu kalau ikan paus ternyata paling keras suaranya

r10 on February 18, 2011 at 7:20 AM said...

kodok hewan kecil suara keras :D

info[dot]com on February 18, 2011 at 9:15 PM said...

Apa Kabar Sahabat?
Nice Info...

gotaufik on February 19, 2011 at 6:40 PM said...

wah, ini saya pernah liat dan dengar di trans 7...
nice info. :-)

ARaLL MRADIO on February 20, 2011 at 12:48 PM said...

wah dapat ilmu baru lagi nih,,thanks yah.

Mas brow on May 4, 2011 at 3:50 PM said...

Mampir nich...
menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
Salam....
oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat...

Post a Comment

Maaf komentar sobat akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum di publish.. Terimakasih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Semua Serba Ter Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building